Senin, 23 Januari 2017

Tips Menjaga Kesehatan Siswa


Menjadi seorang siswa sekolahan pastilah melelahkan. Kita harus bangun pagi sekali agar tidak terlambat ke sekolah. Sampai di sekolah kita menerima banyak sekali pelajaran hingga siang, atau bahkan bagi sekolah full-day school bisa sampai sore hari. Sampai di rumah, kita masih disibukkan dengan PR-PR yang banyak. Apalagi bagi teman-teman yang masih harus mengikuti les-les atau bimbingan belajar. Terutama bagi kalian yang akan menghadapi Ujian Nasional, pastilah akan semakin disibukkan dengan berbagai macam hal. Semua itu harus kita lalui demi mendapatkan pelajaran yang berguna bagi masa depan kita. Nah, maka dari itu, kesehatan kita amatlah penting. Dengan tubuh sehat, kita bisa belajar dengan optimal. Lalu apa saja yang harus kita lakukan untuk menjaga kesehatan?

Hal-hal di bawah ini tentu saja bukan hanya bermanfaat untuk melakukan kegiatan di sekolah, tetapi juga untuk beraktivitas di luar sekolah, misalnya untuk bermain bersama dengan teman-teman, dan sebagainya.
Maka dari itu, kita harus menerapkan tips sehat ini untuk menjaga kesehatan tubuh sehari-hari yang dapat menunjang segala aktivitas yang kita jalani.
Tips sehat mudah yang dapat kita lakukan sebagai pelajar sehari-hari adalah :
1. Rutin sarapan pagi


Banyak sekali para pelajar, mungkin juga salah satu dari kalian, yang sering melewatkan sarapan pagi karena berbagai alasan, seperti terlambat bangun tidur, dan lain sebagainya.
Bagi kalian yang jarang sarapan pagi sebelum berangkat sekolah, perlu kalian ketahui, sebuah penelitian menunjukkan, bahwa dengan tidak menyantap sarapan pagi, bisa menurunkan pencapaian prestasi. Apabila tak ada waktu untuk duduk dan menikmati makan pagi di meja makan, kita bisa mengambil buah, kacang-kacangan, dan juga jus atau susu. Maka dari itu, jangan lupakan sarapan sebelum sekolah, ya!
2. Konsumsi makanan berkalsium

Nah, bagi kita para pelajar yang masih berusia di bawah 20 tahun, harus banyak mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium untuk membangun cadangan kalsium yang terdapat di dalam tubuh untuk dapat mencegah osteoporosis atau keropos tulang di hari tua.
Jika kalian tidak menyukai susu, bisa kalian ganti dengan keju yang rendah lemak, sayur-sayuran hijau, ataupun yoghurt.
3. Tidur yang cukup


Nah, ini yang sering kita abaikan. Tidur nyenyak dengan waktu yang cukup sekurang-kurangnya 8 jam per hari merupakan sebuah bagian dari gaya hidup sehat. Untuk itu, sebisa mungkin terapkanlah waktu tidur yang cukup supaya bisa memberikan waktu istirahat bagi tubuh dan pikiran kita. Jangan sampai kita mengurangi jatah tidur kita hanya untuk hal-hal tidak penting seperti bermain games hingga larut.
Selain itu, jika sedang libur di hari Minggu atau hari besar lainnya, usahakanlah untuk dapat tidur siang supaya tubuh kalian selalu dalam kondisi sehat dan fit setiap harinya.
4. Kurangi menyantap fast food

Pada saat sekarang ini, memang sudah banyak sekali rumah makan yang menyajikan berbagai sajian fast food seperti pizza, ayam goreng, kentang goreng, dan sebagainya.
Tentu saja kalian boleh mengonsumsi makanan tersebut, tapi usahakanlah jangan terlalu sering. Kalian juga harus berhati-hati dengan fast food yang banyak mengandung lemak tinggi dan kadar kolesterol. Lemak jenuh tersebut bisa menyebabkan kalian mudah mengantuk, sehingga kalian bisa jadi tidak fokus dengan pelajaran.
5. Minum air putih secukupnya


Seperti yang kita ketahui, para ahli sudah menyarankan kita untuk mengonsumsi 2 liter air perharinya. Tubuh manusia memang membutuhkan sedikitnya 8 gelas air dalam satu hari.
Apabila kalian melakukan aktivitas lain dan berolahraga yang banyak menguras tenaga, tentu saja kalian membutuhkan takaran yang lebih.
Untuk kita, para pelajar, bawalah botol air mineral setiap harinya ke sekolah. Jangan biasakan meminum soft drink, karena tidak baik bagi kesehatan kita. Selain karena air putih menyehatkan, dengan membawa botol air sendiri, kita bisa mengurangi sampah plastik lho!
6. Makan dengan teratur


Nah ini nih! Tips sehat bagi pelajar yang utama adalah dengan makan teratur setiap harinya. Pada setiap sekolah, pastinya memiliki jadwal istirahat ataupun makan siang. Sebisa mungkin jangan menunda-nunda waktu makan kalian, karena berisiko dapat menimbulkan penyakit maag.
7. Rajin berolahraga

Setiap orang pasti memerlukan olahraga, begitu juga dengan para pelajar yang harus rutin melakukan workout. Berolahragalah dengan meregangkan bagian otot dan persendian sampai mengeluarkan keringat.
Minimal kita harus berolahraga minimal selama 30 menit setiap harinya. Dengan berolahraga rutin, dapat mempertahankan energy dan kebugaran tubuh kita. Selain itu, olahraga juga dapat menghindarkan diri kita dari penyakit dan virus yang bisa saja menyerang tubuh. Dan juga bisa mencegah atau mengurangi rasa kantuk, sehingga kita bisa tetap fokus memperhatikan pelajaran.
Nah, itu teman-teman tips kesehatan untuk kita sebagai pelajar. Semoga tips-tips di atas bisa mewujudkan keinginan kita untuk tetap dalam kondisi sehat demi mengejar impian di masa depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar