Sabtu, 21 Januari 2017

5 Benda Sehari-hari yang Menyimpan Rahasia Sains!

Sains telah merasuk ke berbagai sendi kehidupan manusia, mulai dari makanan hingga teknologi transportasi. Semua semakin berkembang akibat adanya penemuan-penemuan ilmuwan. Bahkan, pada benda-benda yang biasa kita gunakan sehari-hari pun terdapat rahasia yang luar biasa berkat sains. Apa saja ya benda-benda itu? Ayo kita bahas lebih lanjut di sini!

1.    Jelly


Jelly adalah makanan kenyal yang bisa kita temukan di pinggir jalan atau dalam makanan kaleng di supermarket. Tapi, tahukah teman-teman bila jelly yang terbuat dari gelatin mengandung kerangka hewan?

Ya, gelatin sejatinya didapatkan dari kolagen yang berasal dari sisa-sisa tulang belulang hewan. Gelatin yang biasa dipakai untuk makanan biasanya terbuat dari sisa tulang ikan, sapi, bahkan babi. Oleh sebab itu, ada beberapa jenis gelatin dalam makanan yang diharamkan bagi umat Islam.
Selain untuk jelly, gelatin juga dipakai untuk membuat permen lunak hingga es krim.
Wow, gak disangka, dari tulang yang keras seperti itu bisa menjadi makanan yang kenyal dan lunak!

2.     Kentang


Kentang adalah salah satu bahan makanan paling penting di dunia, bahkan menempati urutan nomor 5 tumbuhan pangan terpenting bagi manusia. Menariknya, ilmuwan mengatakan kentang kelak bisa menjadi sumber listrik abadi bagi manusia.

Hingga saat ini, masih banyak Sekolah Dasar yang mengajarkan eksperimen baterai dari kentang, di mana hanya dengan merebus kentang beberapa menit bisa membuatnya menghidupkan sebuah lampu LED kecil.
Nah, berangkat dari eksperimen kecil itu, ilmuwan dari negara-negara maju sudah memulai penelitian kentang sebagai sumber energi listrik. Harapannya, sumber listrik alami ini bisa bermanfaat menyelesaikan dua masalah sekaligus di negara-negara berkembang, kurangnya listrik dan pasokan makanan.
Wah, berguna sekali ya!

3.     Pasir kucing


Di rumah-rumah yang memiliki kucing sebagai peliharaan, sering terdapat pasir khusus tempat kucing itu kencing atau membuang kotorannya. Tapi, tahukah teman-teman bila pasir kucing ternyata juga bisa menyerap limbah nuklir?

Di beberapa tempat pembuangan limbah nuklir di Amerika, ternyata pasir kucing dipakai sebagai media untuk menyimpan limbah nuklir. Bahan pasir kucing yang terbuat dari mineral khusus dari campuran zat kimia rumit bernama 'bentonit'.
Zat Bentonit ternyata memiliki fungsi penetral yang kuat, cukup kuat untuk membantu menetralkan limbah nuklir yang masih dipenuhi radiasi berbahaya.
Keren juga ya!

4.     Tas plastik


Kantung kresek atau tas plastik sudah adalah salah satu sumber sampah paling berbahaya bagi manusia. Tapi jangan salah! Di sisi lain, tas plastik mempunyai kegunaan yang luar biasa, yaitu sebagai bahan bakar.

Berdasarkan penelitian Universitas Illinois, Amerika, limbah tas plastik bisa di daur ulang menjadi bahan bakar mesin diesel atau solar kualitas tinggi. Tim ilmuwan tersebut mengaku bisa mencampur dengan sempurna 30 persen solar 'plastik' dengan 70 persen solar asli untuk membuat bahan bakar biodiesel berkualitas unggul.
Kalau begini kita bisa mengurangi sampah plastik sekaligus menyimpan stok bahan bakar!

5.     Glitter


Bagi para pengrajin aksesoris hingga make-up artis, glitter yang kerlap-kerlip menjadi bagian tak terpisahkan dari pekerjaan mereka. Tetapi, hanya sedikit orang yang tahu kalau alat untuk merias wajah atau kuku itu adalah komponen penting bagi NASA.

Tentu Badan Antariksa Amerika itu tidak menggunakannya untuk make-up astronot mereka. NASA ternyata menggunakan glitter untuk membangun teleskop luar angkasa terbesar, teleskop James Webb Space (JWS).

Insinyur NASA dengan kreatif mengganti lensa teleskop JWS dengan 'Orbiting Rainbow', sejenis lensa berbahan glitter. Dengan 'Orbiting Rainbow', NASA mampu menghemat dana hingga ratusan miliar untuk membeli lensa asli. Bobot lensa glitter itu juga lebih ringan hingga memudahkan penggunaan teleskop JWS di masa depan.
Wah, semoga di kemudian hari semakin banyak penemuan-penemuan atau penerapan yang semakin berguna bagi kehidupan kita, ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar