Senin, 23 Januari 2017

Intip Tradisi-tradisi Unik Berbagai Negara dalam Merayakan Valentine!

Wah, sebentar lagi bulan Februari lho teman-teman! Ada apa ya di bulan Februari? Kalian pasti tahu kan, kalau 14 Februari biasa kita rayakan sebagai Hari Kasih Sayang atau biasa disebut Hari Valentine. Biasanya, apa yang dilakuin saat Hari Valentine? Apa yang identik dengan Hari Valentine? Tradisi atau kebiasaan apa yang seri dilakukan saat Valentine? Bagi-bagi cokelat? Nahh, di sini kita akan membahas tradisi-tradisi unik negara-negara lain ketika merayakan Hari Kasih Sayang, yuk!


1. Filipina


Negara ini punya tradisi unik dalam merayakan Valentine, lho! Pasangan-pasangan di Filipina akan berkumpul di sebuah tempat pada tanggal 14 Februari. Lalu, seorang pendeta akan memimpin upacara pernikahan untuk mereka. Yap, nikah massal! Orang-orang yang mengikuti misa pernikahan massal cukup banyak, sekitar 2.000 pasangan pada tahun 2012. Di samping pernikahan massal, beberapa pasangan yang sudah menikah juga mengikuti acara untuk memperbarui sumpah pernikahan.

2. Inggris


Hari Valentine di Inggris lebih banyak dirayakan oleh para perempuan jomblo dan anak-anak. Para perempuan jomblo akan menyimpan beberapa helai daun di balik bantal pada malam sebelum Valentine. Ada juga yang menyelupkan daun-daun tersebut ke dalam air mawar sebelum disimpan. Harapannya, pria yang akan menjadi suami mereka bakal datang lewat mimpi. Nah, di samping itu, anak-anak di Inggris menganggap Valentine sebagai momen pesta permen. Mereka akan menunggu Jack Valentine, Santa Klaus-nya hari Valentine, yang mengetuk pintu rumah sebelum meninggalkan permen dan hadiah.

Terus para cowoknya ngapain ya? Nah, para pria akan memberikan sebuah sendok cantik yang terbuat dari kayu dan diukir dengan simbol-simbol tertentu. Setiap ukiran pada sendok kayu punya arti beda-beda. Contohnya, pola sepatu kuda memiliki arti roda keberuntungan dan dukungan. Sedangkan ukiran sendok yang berbentuk kunci melambangkan kunci menuju hati orang terkasih. Ssttt ini adalah salah satu hadiah tradisional paling romantis di dunia lho!

3. Afrika Selatan

Di negara ini, para secret admirer akan terbongkar di hari Valentine, lho! Kok bisa? Ceritanya begini, para perempuan akan memakai pin hati pada baju mereka saat hari Valentine. Di pin hati tersebut tertulis nama laki-laki yang mereka kagumi. Nah, rasa yang dipendam selama ini jadi terbongkar deh! Hahaha. Yap, para laki-laki menjadikan hari Valentine sebagai momen untuk mengetahui pengagum rahasia mereka. Mereka pun bakal mengenal perempuan yang dirasa cocok sebelum mengungkapkan rasa kasih sayang. Cara merayakan Valentine seperti ini berasal dari tradisi Romawi Kuno yang dikenal dengan nama Lupercalia.

4. Denmark

Perayaan Valentine di Denmark diwarnai dengan tradisi tukar kartu yang dilakukan oleh laki-laki pada perempuan yang dia suka. Pertukaran kartu ini disebut dengan pertukaran kartu terkasih. Jadi, pada tanggal 14 Februari, seorang laki-laki akan memberikan sebuah surat pada perempuan. Surat itu berisi puisi-puisi cinta atau gombalan yang terbuat dari potongan kertas. Potongan-potongan kertas itu disusun sekreatif mungkin. Terus, di akhir surat tertulis anonim. Tugas para perempuan adalah menebak pengirim surat tersebut. Kalo tebakannya benar, mereka akan pergi ngedate. Wow!

5. Italia

Di Italia, para perempuan jomblo juga merayakan hari Valentine lho! Pada 14 Februari, mereka akan bangun sebelum matahari terbit. Karena, mereka percaya, jika semakin cepat bangun saat Valentine, maka mereka akan semakin cepat menemukan jodoh dan menikah. Sekarang, hari Valentine juga dirayakan dengan pertukaran hadiah dan makan malam romantis antara laki-laki dan perempuan yang saling menyayangi. Salah satu hadiah Valentine yang populer adalah Baci Perugina. Ini adalah makanan manis terbuat dari hazelnut berlapis coklat, dibungkus kertas perak, dan ditulisi berbagai kutipan romantis dalam empat bahasa.

6. Korea Selatan

Begitu ngetrend-nya Valentine di negara ini, perayaannya sampai berlangsung selama tiga bulan lho! Pada tanggal 14 Februari, mereka merayakan hari Valentine, di mana para perempuan memberikan sesuatu kepada laki-laki yang ia sukai. Sebulan kemudian, pada 14 Maret, mereka merayakan hari putih (White Day), dimana sang laki-laki membalas apa yang telah diberikan sang perempuan pada hari Valentine. Perayaan Valentine terus berlanjut sampai 14 April. Wah, ngapain ya? Ini adalah saat di mana para jomblo yang mau merayakan Valentine. Hari itu disebut juga dengan ‘hari hitam’ atau ‘black day’, dimana mereka akan merayakannya dengan memakai baju serba hitam dan memakan hidangan khas, yaitu mie bersaus kental warna hitam yang bernama Jajangmyeon dan minum kopi hitam.

7. Jepang

Perempuan memberikan cokelat kepada laki-laki saat Hari Valentine, itu sudah biasa banget. Tapi, kalau perempuan di Jepang memberikan cokelat ke seseorang, cokelatnya bukan cokelat sembarangan. Pemberian cokelat harus disesuaikan dengan jenis dan sifat hubungan yang dijalani. Misalnya, cokelat giri-choko (giri berarti kewajiban) yang biasanya diberikan kepada orang yang nggak memiliki hubungan romantis dengan kita, seperti teman atau rekan kerja. Sedangkan, cokelat honmei-choko adalah cokelat khusus yang diberikan kepada pacar atau suami. Cokelat yang satu ini sangat spesial karena dibuat sendiri oleh si cewek. Cowok-cowok yang menerimanya pun bisa dibilang sangat beruntung.

Selang satu bulan kemudian (14 Maret) ada perayaan yang dinamakan White Day, di mana si cowok akan memberikan balasan hadiah dua atau tiga kali lipat lebih berharga daripada hadiah yang mereka terima saat Valentine. Istilah ini disebut sanbai gaeshi (kembali tiga kali). Jika ada cowok yang tidak mengembalikan pemberian, si cowok akan dianggap tidak menghargai hubungan. Dan jika si cowok mengembalikan pemberian dengan harga yang sama, si cowok dianggap ingin mengakhiri hubungan. Wah-wah, repot ya!

Nah, tradisi dari negara mana yang ingin kalian coba? Namun, yang terpenting pada Hari Valentine adalah menunjukkan rasa kasih sayang kalian kepada orang-orang yang kalian sayangi. Itupun tidak hanya berlaku bagi kalian yang sudah berpacaran. Kalian yang belum berpacaranpun juga bisa ikut merayakan, misalnya saja memberi sesuatu kepada orang tua, saudara, maupun guru. Dan juga kalian tidak harus memberi cokelat, kok! Dengan membantu mereka, kalian sudah dapat menunjukkan kasih sayangmu kepada mereka!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar