Senin, 31 Oktober 2016

Fakta-fakta Unik Bahasa Indonesia yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Tahukah teman-teman? Kalau Indonesia ini merupakan negara dengan bahasa daerah terbanyak di dunia yaitu 583 bahasa daerah. Wow! Dengan banyaknya bahasa daerah, tentu tidak mudah untuk berkomunikasi dengan suku lain, maka dibuatlah Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan.

Sebagai warga Indonesia sudah seharusnya kita bangga berbahasa Indonesia, karena bahasa Indonesia memiliki segudang prestasi membanggakan. 


Wah, apa sajakah itu?


1. Bahasa Indonesia dijadikan Bahasa Resmi Kedua Vietnam

Pada bulan Desember 2007 lalu, Pemerintah Daerah Ho Chi Minh City menetapkan Bahasa Indonesia sebagai bahasa ke-2 secara resmi. Di Vietnam, Bahasa Indonesia sejajar dengan bahasa Inggris, Jepang, dan Prancis.

Dengan demikian Vietnam merupakan negara kedua pengguna Bahasa Indonesia, setelah negara Indonesia sendiri tentunya.


2. Bahasa Indonesia dipelajari lebih dari 45 Negara di dunia

Walaupun yang paling efektif merubah citra adalah merubah realitas, namun peran budaya dan bahasa Indonesia dalam diplomasi sangat krusial. Tingginya minat orang asing belajar bahasa dan budaya Indonesia harus disambut positif. Kalau perlu Indonesia menambah Pusat Kebudayaan Indonesia di sejumlah negara, guna membangun saling pengertian dan perbaiki citra.
Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Departemen Luar Negeri Andri Hadi mengemukakan hal itu ketika tampil pada pleno Kongres IX Bahasa Indonesia, yang membahas Bahasa Indonesia sebagai Media Diplomasi dalam Membangun Citra Indonesia di Dunia Internasional, Rabu (29/10) di Jakarta. "Saat ini ada 45 negara yang ada mengajarkan bahasa Indonesia, seperti Australia, Amerika, Kanada, Vietnam, dan banyak negara lainnya," katanya. Mengambil contoh Australia, Andri Hadi menjelaskan, di Australia bahasa Indonesia menjadi bahasa populer keempat. Ada sekitar 500 sekolah mengajarkan bahasa Indonesia. Bahkan, anak-anak kelas 6 sekolah dasar ada yang bisa berbahasa Indonesia.

http://www.radioaustralia.net.au/indonesian/2015-11-20/video-semangat-anak-muda-australia-belajar-bahasa-dan-budaya-indonesia/1516894

3. Bahasa Indonesia dikirim ke Luar Angkasa


Pada tahun 1977, NASA mengirimkan sebuah  piringan emas yang diberinama Piringan Emas Voyager bersama pesawat luar angkasa tanpa awak ke luar angkasa.

Isi piringan tersebut adalah 115 gambar berikut rekaman suara-suara alam, misalnya suara petir, angin, dan ombak juga suara-suara binatang. Selain itu dalam piringan tersebut juga disertai rekaman musik dan budaya dari berbagai negara dan ucapan salam dari 55 bahasa, termasuk Bahasa Indonesia.

4. Bahasa Indonesia Merupakan Bahasa ke-3 yang Paling Banyak digunakan di Wordpress


Bagi yang belum tahu, Wordpress adalah sebuah aplikasi open source populer, yang digunakan untuk mesin blog atau blog engine.

Bahasa Indonesia ternyata merupakan bahasa ke-3 terbanyak yang digunakan di posting Wordpress setelah Bahasa Inggris dan Bahasa Spanyol. Indonesia sendiri adalah negara dengan pertumbuhan pengguna Wordpress terpesat ke-2. Terhitung sudah ada lebih dari 100.000.000 kunjungan dari 40 kota berbeda.

5. Perwira Kamboja Diharuskan Bisa Berbahasa Indonesia

Percaya atau tidak, namun fakta bahwa calon perwira Kamboja wajib bisa berbahasa Indonesia memang benar. Hal ini disebabkan karena rata-rata buku panduan dan taktik perang yang digunakan di Kamboja adalah buatan perwira militer Indonesia.

6. Pusat Studi Bahasa Indonesia di Mesir


Negara yang terletak di Benua Afrika ini dinilai sebagai negara utama pengembang Bahasa Indonesia. Di Mesir, Bahasa Indonesia tidak dianggap sebagai bahasa asing, karena hingga artikel ini dibuat Mesir masih mengembangkan dan mencoba mempopulerkan Bahasa Indonesia. 


Sebagai contoh di Suez Canal University terdapat sebuah bangunan yang berfungsi sebagai Pusat Studi Bahasa Indonesia.

7. Wikipedia (Bahasa) Indonesia Menempati Peringkat ke-3 di Asia

Menurut ensiklopedia bebas, Wikipedia Bahasa Indonesia menempati peringkat 3 se-Asia setelah Jepang dan Mandarin. Hal ini disebabkan karena kontributor asal Indonesia yang banyak juga artikelnya yang bervariatif.
Sedangkan di Dunia, Wikipedia Indonesia menempati peringkat 26 dari 250 negara di Dunia.

8. Klub-Klub Sepakbola Eropa membuat Situs Berbahasa Indonesia

Beberapa Klub sepakbola di Eropa, rupanya juga membuat situs resmi berbahasa Indonesia, Klub sepakbola tersebut antara lain: Barcelona FC, Real Madrid, AC Milan, Inter Milan, Chelsea, juga Liverpool.

9. Keunikan Bilangan (Angka) dalam Bahasa Indonesia

Setiap negara, bangsa, dan daerah pasti memiliki penyebutan sendiri untuk angka-angka dari satu, dua sampai dengan sepuluh. Misalnya angka tiga kita menyebutnya di Indonesia, tapi di negara lain ada yang menyebutnya tri, three, san, tolu dan lain sebagainya.Tetapi tahukah kalian kalau setiap bilangan dalam Bahasa Indonesia, yang mempunyai huruf awal yang sama berjumlah 10.

Sebagai contoh:
Satu ditambah Sembilan sama dengan 10 (keduanya berawalan huruf S)
Dua ditambah Delapan sama dengan 10 (keduanya berawalan huruf D)
dan seterusnya... Coba deh kalian hitung sendiri, hasilnya pasti sepuluh lho!


Nah, teman-teman. Itulah keunikan dan prestasi Bahasa Indonesia di kancah internasional. Bagaimana? Masih malu dan gengsi menggunakan Bahasa Indonesia? Ayo! Cintai dan lestarikan bahasa kita, Bahasa Indonesia. Kalau bukan kita, siapa lagi?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar